Microsoft Bikin 20.000 Source Code Kernel Linux?

Heni BeritaNET.com, 23 Juli, 2009 02:58:00 | Dilihat 115 kali

Microsoft telah mengkontribusikan sebanyak 20,000 line source code ke kernel Linux, dengan tujuan untuk support improvisasi system operasi Linux dalam lingkungan virtualisasi di server Windows. Pergerakan ini merupakan perluasan tren Microsoft sebagai hasil kolaborasi dengan komunitas software open source.

Developer kernel Linux, Greg Kroah-Hartman mengumumkan bahwa kode sudah dikirimkan di mailing list kernel Linux, dan driver akan segera dikirimkan oleh Microsoft sebelum di-merger langsung ke kernel utama. Microsoft membuat kode tersebut di bawah term General Public License (GPL) dari GNU, sebuah lisensi software open source yang biasa digunakan oleh kernel Linux.

“Saya sangat senang dengan berita ini. Microsoft telah merilis driver Linux Hyper-V di bawah GPLv2. Driver tersebu dapat memudahkan kinerja Linux lebih baik ketika dijalankan sebagai guest on top di system Hyper-V.” kata Kroah-Hartman. Microsoft bekerja sama dengan Kroah-Hartman untuk membuat kode Hyper-V yang disatukan langsung ke kernel Linux sehingga dapat full support di semua distro Linux.

Sementara dari pihak Microsoft sendiri, semakin meningkatkan kedekatan dengan software open source dan berpartisipasi aktif dalam usaha berkolaborasi dengan komunitas open source. Sebagai contoh, Microsoft menjadi sponsor Apache Software Foundation di tahun lalu, dan berkontribusi penuh ke project Apache Stonehenge. Microsoft juga tidak akan memaksakan hak patent Mono dan implementasi open source lainnya ke Linux dari software C# dan .NET miliknya.(h_n)