Google Ubah Komunikasi Online dengan Wave

Heni BeritaNET.com, 29 Mei, 2009 05:19:00 | Dilihat 64 kali

Google telah menyatukan IM (Instant Messaging), email dan kolaborasi berbagai dokumen, dalam satu layanan dengan tujuan yang berani untuk mengubah cara komunikasi online untuk pengguna. Layanan tersebut dinamakan Google Wave yang dikembangkan oleh Lars dan Jens Rasmussen, di Sidney, Google Wave ini akan menghapuskan perbedaan antara cara user untuk keep in touch di web dan mengeliminasi kebutuhan penggunaan multi tool dan sebagainya.
Google meluncurkan Wave di konferensi developer tahunan di San Fransisco. Layanan gratis tersebut tidak akan dipublikasikan ke public hingga akhir tahun ini. Sementara itu, Google juga akan melengkapi fitur Wave dengan layanan lain, seperti email dan dokumen. Pengguna Wave juga dapat men-invite user lain untuk join dengan topic di Wave sehingga mereka dapat mengikuti thread message, seperti bulletin board. Setiap orang juga dapat melihat pesan individu dengan mengetikkan per huruf, seperti IM untuk mempercepat percakapan.
Selain itu, Google Wave juga menyediakan fitur turn off real time, dimana user akan diberikan waktu untuk mengoreksi kesalahan, dan apakah akan mengirim pesan yang telah ditulisnya atau tidak. User juga dapat men-drag dan drop foto dan peta di Wave untuk membuatnya tampak invisible di komputer user lain. User juga dapat mengedit dokumen secara bersamaan, dengan mengkolaborasikan project atau menggunakan wiki. Google Wave ini didesain untuk konsumen, untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman, juga untuk kalangan bisnis. Sedangkan untuk developer software dapat membuat fitur yang kompatibel dengan Wave. Untuk pemilik website atau blogger dapat terintegrasi dengan fitur pesan Wave sebagai bulletin board.(h_n)



Diskusikan berita ini di Diskusi BeritaNET.com